Duniaekspress.com (25/9/2018)- Seorang pria Inggris yang mengaku sebagai seorang apoteker dari Birmingham telah ditahan di Suriah dengan tuduhan menjadi anggota kelompok yang menamakan diri Negara Islam atau ISIS.

Ahli farmasi berkebangsaan Inggris itu, Anwar Miah, ditangkap dan ditahan pasukan Kurdi di provinsi Deir al-Zour sebulan lalu.

Diyakini dia sekarang ini ditahan di penjara yang dijaga oleh pasukan khusus AS di Suriah utara.

Baca Juga:

JADI PENGIKUT ISIS DI AFGHANISTAN, WNI DITANGKAP MUJAHIDIN TALIBAN

PENGAKUAN DR. ABU ZAID AL-IRAQI, PETINGGI ISIS TENTANG KONDISI KHILAFAH ISIS

Dalam video penangkapannya yang muncul di Twitter, Miah mengatakan bahwa dia telah tinggal di Suriah selama hampir empat tahun.

Dalam video tersebut, mata Miah ditutup. Ia mengatakan bahwa selama empat tahun itu ia bekerja sebagai tenaga medis di wilayah ISIS.

Dia berkata: “Saya seorang apoteker yang berkualifikasi dari Inggris. Sejak saya tiba, saya bekerja di rumah sakit.”

Baca Juga:

KEBIADABAN DAN KEBENGISAN DI PENJARA-PENJARA AFGHANISTAN

SWISS GELAR REFERENDUM UNTUK LARANG PENGGUNAAN CADAR

Setidaknya tiga pria Inggris lainnya yang dituduh menjadi anggota ISIS, saat ini berada dalam tahanan pasukan Kurdi dan AS di Suriah.

Di antaranya adalah dua warga London, Shafi El-Sheikh dan Alexanda Kotey, yang diduga merupakan bagian dari kelompok terkenal yang dijuluki The Beatles. Keduanya ditangkap pada bulan Januari.

Para pejabat militer AS percaya bahwa sel ‘The Beatles’ ini telah memenggal kepala lebih dari 27 sandera Barat dan menyiksa sejumlah orang lain. [BBC]