Kabul dan tiga provinsi lainnya di afghanistan terisolasi oleh serangan Taliban

Duniaekspress.com. (8/10/2018) – Kabul – Pejuang Taliban mengisolasi tiga provinsi Afghanistan dengan ibukota Kabul pada Ahad (07/10). Strategi itu dilakukan dengan menghancurkan jembatan utama penghubung tiga Negara bagian tersebut.

Para pejabat mengatakan bahwa jembatan yang dihancurkan itu berada di tenggara Kabul. Jembatan ini dilintasi jalan provinsi yang menghubungkan Kabul dengan Ghazni, Zabul dan Kandahar. Lalu lintas antara Kabul dan tiga provinsi tersebut putus total.

Jembatan itu dirusak bersamaan Taliban meluncurkan serangan besar. Juru bicara Departemen Dalam Negeri Afghanistan, Najib Danesh, mengatakan bahwa pertempuran antara pasukan keamanan dan Taliban masih berlangsung hingga Ahad malam.

Danesh menunjukkan, setidaknya sudah enam polisi Afghanistan tewas dalam pertempuran itu. Salah satunya, kepala polisi distrik .

Seorang pejabat daerah, berbicara dengan syarat anonim karena dia tidak berwenang berkata kepada media, mengungkapkan bahwa korban tewas dari pihak polisi sudah bertambah menjadi 10 anggota.

Pejabat itu mengatakan Taliban telah menyerang sejumlah pos pemeriksaan dan korban tewas di barisan polisi bisa jauh lebih tinggi.

Jembatan yang hancur dalam serangan itu memotong jalan raya utama dari Kabul ke negara bagian Ghazni, Zabul, dan Kandahar. Pertempuran itu juga memutus aliran listrik dari empat provinsi; Wardak, Lugar, Ghazni, dan Paktia.

Taliban telah mengambil alih sejumlah daerah di seluruh negeri dalam beberapa tahun terakhir dan secara teratur menyerang pasukan keamanan.

Serangan terakhir terjadi hanya dua minggu sebelum pemilihan parlemen Afghanistan digelar. (AB)

Sumber: alhurra.com

baca juga, MUJAHIDIN TALIBAN TERUS MENGALAMI KEMAJUAN DI AFGHANISTAN UTARA