Duniaekspress.com (14/10/2018)- Amerika Serikat telah setuju untuk membahas penarikan pasukannya dari bumi Afghanistan dalam sebuah pertemuan langsung dengan perwakilan Thaliban di Qatar.

Berbicara kepada al-Jazeera, petinggi Thaliban yang tidak ingin disebutkan identitasnya mengatakan, dalam pertemuan awal di Doha pada hari Jumat, perwakilan Thaliban dan utusan Amerika Zalmay Khalilzad membahas kondisi Taliban untuk mengakhiri perang 17 tahun di bumi Afghanistan.

“Enam delegasi AS tiba di Doha untuk mengadakan pertemuan dengan para pemimpin [Thaliban] kami setuju untuk membahas semua masalah, termasuk penarikan pasukan asing,” kata sumber tersebut.

“Tapi, itu adalah pertemuan awal dan semua masalah telah dibahas secara umum, tidak secara detail,” tambahnya, ia juga mengatakan pembicaraan selanjutnya diperkirakan akan berlangsung dalam waktu dekat.

Selain penarikan pasukan asing dari bumi Afghanistan, Thaliban juga meminta pencabutan sanksi terhadap para pemimpinnya, pembebasan pejuang mereka yang dipenjara di Afghanistan, dan pembentukan kantor politik resmi.

Baca Juga:

70% AFGHANISTAN ADA DALAM KENDALI MUJAHIDIN TALIBAN

MUJAHIDIN TALIBAN UMUMKAN KEBERHASILAN OPERASI KHANDAQ

Para pejabat AS di Kabul dan perwakilan AS Zalmay Khalilzad tidak segera untuk mengomentari pertemuan hari Sabtu di ibukota Qatar.

Ini adalah kedua kalinya para pejabat AS bertemu dengan kelompok di Qatar. Pertemuan pertama berlangsung pada bulan Juli, dan termasuk Asisten Deputi Menteri Luar Negeri AS Alice Wells.

Dalam beberapa bulan terakhir, Khalilzad, yang ditunjuk sebagai Perwakilan Khusus AS untuk Rekonsiliasi Afghanistan pada bulan September, telah bertemu dengan pejabat dari Pakistan, Afghanistan, Arab Saudi dan Uni Emirat Arab dalam upaya untuk memperbarui pembicaraan langsung yang telah lama terhenti dengan Thaliban.