Vladimir Putin : mengeluarkan Syi’ah Iran dari Suriyah bukan tanggung jawab kami.

Duniaekspress.com. (19/10/2018). — Moskow – Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan bahwa negaranya tidak bertanggung jawab untuk mengeluarkan militer Syi’ah Iran dari Suriah. Pernyataan ini dikeluarkan untuk menjawab desakan AS dan Israel.

“Membujuk Syi’ah Iran untuk menarik diri dari Suriah bukanlah masalah Rusia. Teheran dan Damaskus memiliki kesepakatan sendiri,” kata Putin seperti dikutip oleh Russia Today, Kamis (18/10).

Putin melanjutkan, mereka yang menuntut agar Syi’ah Iran keluar dari Suriah harus terlebih dahulu memberikan jaminan, menciptakan kondisi yang menguntungkan dan menghentikan pendanaan “terorisme.”

Tuntutan mengeluarkan Syi’ah Iran dari Suriah beberapa hari terakhir terus meningkat. Hal itu supaya Teheran tidak mendirikan pangkalan militer di Negara itu.

Terkait penarikan penuh militer Syi’ah Iran dari Suriah, Putin mengatakan, “Ini adalah masalah independen, yang harus diselesaikan melalui dialog antara Syi’ah Iran dan Suriah, serta antara Syi’ah Iran dan Amerika Serikat, dan kami siap untuk berpartisipasi dalam dialog ini.”

Amerika Serikat menyatakan bersedia ikut membantu proses pemulihan Suriah namun dengan syarat Syi’ah Iran keluar dari Negara itu dan tentaranya diizinkan berada di Suriah.

“Kami tidak akan mendanai rekonstruksi di Suriah sampai Syi’ah Iran menarik diri dari itu,” kata utusan AS ke Iran, Brian Hawke, pada akhir September lalu.

Syi’ah Iran melalui juru bicara Deplunya, Bahram Qasimi, telah mengatakan bahwa kehadiran negaranya di Suriah dibangun atas permintaan pemerintah Syi’ah Assad. Iran akan tetapi berada di Suriah jika “teroris” masih ada dan atas permintaan rezim.

Teheran memberi banyak kontribusi atas keberlangsungan rezim Syi’ah Assad. Ribuan milisi bayarang dibentuknya diterjunkan di Suriah untuk melindungi Assad dari kejatuhan.

Rakyat Suriah sendiri menolak kehadiran pasukan asing di negaranya. Mereka ingin mengatur sendiri pemerintahan tanpa campur tangan pihak luar. (RR).

Sumber: Enabbaladi.net

Baca juga, KELOMPOK MILISI SYI’AH BENTROK DAN SALING SERANG DI ABUKAMAL