Duniaekspress.com (25/10/2018)- Israel akhirnya mengizinkan masuknya pengiriman bahan bakar, termasuk bahan bakar yang didanai Qatar, ke Jalur Gaza yang diblokade.

“Truk bahan bakar yang didanai Qatar mulai memasuki Gaza hari ini,” kata petugas, yang bekerja di sisi Palestina dari penyebrangan Kerem Shalom, mengatakan dengan syarat anonimitas karena dia tidak berwenang untuk berbicara dengan media.

Dia mengatakan empat truk bahan bakar yang didanai Qatar dijadwalkan akan diizinkan masuk ke wilayah Palestina pada hari Rabu (24/10).

“Enam truk bahan bakar lainnya akan menyeberang ke strip hari ini,” tambahnya.

Baca Juga:

PAKET BOM TEROR AMERIKA

LUKA TEMBAK DI KEPALA, SEORANG PEMUDA PALESTINA TEWAS

Pada hari Selasa, Menteri Pertahanan Israel Avigdor Lieberman mengizinkan pengiriman bahan bakar ke Gaza atas rekomendasi dari badan keamanan, menurut Israel Broadcasting Corporation.

Sepuluh hari yang lalu, Lieberman memerintahkan penghentian pengiriman bahan bakar ke Gaza, mengutip kekerasan di sepanjang perbatasan dengan Jalur Gaza.

Awal bulan ini, surat kabar Israel Haaretz melaporkan bahwa kesepakatan dengan Qatar dicapai dalam beberapa pekan terakhir untuk membiayai pembelian bahan bakar untuk pembangkit listrik Gaza.

Sejak 2007, ketika kelompok Palestina Hamas merebut Jalur Gaza dari faksi yang bersaing Fatah, daerah kantong pantai telah mengerang di bawah blokade Israel yang telah merampas dua juta penduduknya dari banyak komoditas pokok.