Amir imarah Islam Afghanistan, menyerukan pada rakyatnya untuk sholat istisqa’

Duniaekspress.com. (31/10/2018). – Kabul – Pemimpin Imarah Islam Afghanistan (Taliban), Haibatullah Akhunzadah, Selasa (30/10), menyeru umat Islam Afghanistan menggelar Shalat Istisqa’ atas bencana kekeringan yang menimpa Negara itu. Kekeringan telah mengancam gagal panen dan matinya hewan ternak.

“Kami wasiatkan kepada seluru warga untuk menggelar Shalat Istisqa’ dan meminta hujan,” kata Akhunzadah dalam taujihnya kepada rakyat Afghanistan yang dipublikasikan melalui Channel Telegram.

Ia juga mengimbau rakyat untuk banyak beristighfar dan bertaubat. Karena kedua hal tersebut termasuk penyebab turunnya hujan seperti disebutkan dalam QS. Hud: 52.

Foto: Mullah Haibatullah Akhunzadah, pemimpin Taliban

Kelaparan dan kekeringan, imbuhnya, merupakan ujian dari Allah kepada para hambanya. Bencana ini juga pernah dialami oleh Rasullah dan para sahabatnya di tahun enam hijriyah.

Kemudian, Rasullah memerintahkan umat Islam menggelar Shalat Istisqa’. Mereka memohon dengan merendahkan diri dan menggelar shalat dua rekaat berjamaah serta memperbanyak istighfar dan taubat sampai kemudian Allah menurunkan hujan.

Ia menjelaskan bahwa saat ini Negara Afghanistan kita dan Negara tetangga mengalami kekerangan dan kelaparan. Tak ada air untuk ladang dan sawah. Kekeringan telah mengancam ternak dan sawah. Orang-orang dan hewan mengalami banyak persoalan akibat hujan tidak turun dan kekeringan.

“Untuk itu, umat Islam harus memperhatikan seluruh syarat Istisqa, memperbanyak taubat dan istighfar dan menundukkan diri pada Allah sampai Allah memberi rahmatnya, menurunkan hujan yang menumbuhkan tumbuhan dan mengairi ternak,” tutupnya. (AB).

Sumber: El-Emaraa

 

Baca juga, UCAPAN SELAMAT IDUL ADHA DAN PESAN DARI AMIRUL MUKMININ IMARAH ISLAM AFGHANISTAN