Kerjasama Militer Turki-Amerika di Manbij dimulai

Duniaekspress.com. (2/11/2018). — Manbij -– Pasukan Turki dan AS mulai patroli bersama pada Kamis (01/11) di wilayah Manbij, Suriah utara. Kerjasama ini bertujuan menghindari bentrokan antara Turki dan milisi Kurdi, sekutu utama AS, yang mengontrol kota tersebut.

Kantor berita Reuters mengatakan bahwa Departemen Pertahanan Turki dan koalisi pimpinan AS telah mengonfirmasi berita ini. Militer kedua Negara sudah memulai patroli bersama di kota yang terletak 30 kilometer dari perbatasan Turki-Suriah itu.

Militer kedua Negara melakukan patroli ini dengan koordinasi namun masing-masing bergerak sendiri-sendiri. Patroli dilakukan di pinggir kota Manbij.

Hasil gambar untuk manbij

poto ; tentara turki sedang berpatroli di manbij suriyah

Wartawan Reuters melihat konvoi kendaraan lapis baja yang terdiri dari enam mobil berbendera AS dan lainnya berbendera Turki. Konvoi itu bergerak 20 kilometer dari pusat kota Manbij.

Patroli bersama ini dilakukan di garis pemisah antara wilayah kontrol oposisi Suriah dukungan Turki dan wilayah kontrol Dewan Militer Mabij, aliansi milisi Kurdi Suriah yang didukung AS.

Sebelumnya, latihan patroli bersama selesai dan militer kedua Negara siap diterjunkan. Namun tidak diungkap waktu atau hari dimulainya patroli itu.

AS berunding dengan Turki untuk menghidari bentrokan antara dua kekuatan sekutu. Turki sekutu AS di NATO sementara milisi Kurdi koalisi paling efektif di Suriah. Namun Turki memasukkan Kurdi ke dalam daftar organisasi teroris nasional.

Perundingan itu mencapai kesepakatan menjauhi pertempuran dengan digelarnya patroli bersama antara militer AS dan Turki. Kedua Negara pun menggelar latihan patroli bersama selama beberapa pekan di Turki. (RR).

Sumber: Reuters

 

Baca juga, TURKI DAN AMERIKA SEPAKAT YPG KELUAR DARI MANBIJ