duniaekspress.com, 27 November 2018. Organisasi Kemanusiaan untuk Suriah (SOHR) mencatat, bahwa ISIS mengalami kerugian besar dalam kampanye perang yang dilancarkan SDF di timur Suriah dalam tiga bulan terakhir ini.

Organisasi kemanusiaan itu mendata sejumlah 739 personil ISIS tewas di timur provinsi Der Ezzor, selain tewasnya 452 personil SDF (Syrian Democratic Force) di timur Suriah dan juga 300 sipil yang mayoritas adalah anak-anak.

Pasukan Demokrat Suriah (SDF)  telah berhasil menangkap sebagian besar bagian timur Lembah Sungai Eufrat pada periode ini, meninggalkan Daesh yang terperangkap di sebuah kantong kecil di dekat perbatasan Irak. Sementara pasukan Irak berjaga-jaga di perbatasan kedua negara tersebut mewaspadai masuknya pasukan ISIS ke wilayah mereka.

TIGA NAPITER LAPAS MADIUN DIPINDAH KE NUSAKAMBANGAN

SERANGAN KIMIA DI ALEPPO UPAYA IRAN GAGALKAN KESEPAKATAN SOCHI

Sementara itu, kebanyakan warga sipil tewas disebabkan oleh serangan udara koalisi amerika terhadap kantong-kantong ISIS.  Setidaknya ada 4 masjid, sekolah tahfidz Al-Quran, dan rumah-rumah  sipil hancur akibat bombardir amerika.

Hasil dari operasi militer tersebut adalah, SDF yang didukung kekuatan udara amerika berhasil menguasai al-Baghuz, al-Susah, al-Shajla dan sebagian Hajin dan  maju ke daerah-daerah kantong ISIS lainnya.

(AZ dari SOHR)