Duniaekspress.com (27/12/2018)- India pada hari Rabu menangkap 10 remaja Muslim yang disangkakan sebagai anggota kelompok “teroris” yang mereka (India) sebut terinspirasi oleh kelompok ISIS.

Badan Investigasi Nasional (NIA) mengatakan mereka melakukan pencarian di 17 lokasi di ibukota New Delhi dan negara tetangga Uttar Pradesh dalam “penumpasan besar” terhadap kelompok yang diilhami ISIS yang disebut Harkatul Harb e Islam.

“Pada saat menerima informasi yang dapat dipercaya bahwa sekelompok yang pro-ISIS telah membentuk kelompok teroris dan mereka bersiap untuk melakukan serangan teror yang menargetkan instalasi vital, lokasi sensitif dan tempat-tempat ramai di dan sekitar Delhi / NCR, sebuah kasus terdaftar, ”kata Badan Investigasi Nasional, seerti yang dikutip Anadolu, Rabu (26/12/2018).

Baca Juga:

INDENTIK DENGAN ISLAM, INDIA UBAH NAMA KOTA ALLAHABAD

SERET MAYAT PEJUANG KASHMIR, INDIA TUAI KECAMAN

NIA juga juga menyakini bahwa dalang kelompok itu adalah Mufti Sohail, yang berasal dari Amroha di Uttar Pradesh.

Semua 10 tersangka adalah pria muda Muslim.

Suhail dan rekan-rekannya diduga berencana untuk melakukan ledakan dan serangan fidayeen di tempat-tempat penting di & sekitar Delhi dan juga menargetkan tempat-tempat ramai.

Baca Juga:

INDIA KELUARKAN LARANGAN SHALAT DI MASJID TAJ MAHAL

KELOMPOK HINDU DESAK PEMERINTAH SEGERA BANGUN KUIL DI BEKAS MASJID BERSEJARAH

Menghapus simbol-simbol dan nama-nama Islami, pihak berwenang di negara bagian India yang paling padat penduduknya telah mengubah nama sebuah kota bersejarah Muslim menjadi nama yang bernuansa Hindu.

Kepada wartawan pejabat senior dari Partai Bharatiya Janata (BJP) yang berkuasa mengatakan, Allahabad sebuah kota berpenduduk lebih dari satu juta orang di negara bagian Uttar Pradesh (UP) utara, sekarang akan dikenal sebagai Prayagraj.

Siddarth Nath Singh, menteri kesehatan UP, mengatakan keputusan untuk mengganti nama kota itu dibuat pada pertemuan kabinet menyusul usulan oleh Ketua Menteri Yogi Adityanath, yang mengepalai negara.

“Semua anggota kabinet senang dan mulai hari ini dan seterusnya, nama Allahabad akan berubah menjadi Prayagraj,” katanya seperti dikutip oleh surat kabar Indian Express, Selasa (16/10/2018).