Duniaekspress.com (4/1/2019)- Para pemukim Yahudi pada hari Kamis menyerang konvoi yang membawa Menteri Urusan Agama Palestina Yousef Adais di dekat kota Salfit, Tepi Barat, menurut sumber-sumber lokal.

“Para pemukim menyerang konvoi dengan batu; satu mobil rusak, meskipun tidak ada yang dilaporkan, ” kata sumber tersebut.

Baca Juga:

JELANG PENARIKAN PASUKAN, AS INTENSIFKAN SERANGAN DI SURIAH

BENTROKAN PECAH DI RAKHINE SEBABKAN 2.500 MENGUNGSI

Sebelumnya Kamis, pemerintah Palestina mengatakan bahwa konvoi yang membawa Perdana Menteri Palestina Rami Hamdallah telah menjadi sasaran serangan pemukim serupa di dekat Nablus pekan lalu.

“Konvoi PM diserang oleh sekelompok pemukim Yahudi yang melempari batu di dekat pos pemeriksaan Zatara,” demikian bunyi pernyataan pemerintah.

Utusan Timur Tengah PBB Nickolay Mladenov, pada bagiannya, mengutuk serangan terhadap konvoi Hamdallah.

“Ini insiden yang sangat mengkhawatirkan. Ini benar-benar tidak dapat diterima dan pelakunya harus diadili, ” kata Mladenov.

Menurut angka Israel, serangan anti-Palestina oleh pemukim Yahudi di Tepi Barat yang diduduki termasuk Yerusalem Timur, naik 60 persen dibandingkan dengan tahun 2017.

Lebih dari 650.000 pemukim Yahudi sekarang hidup di 196 pemukiman (dibangun dengan persetujuan pemerintah Israel) dan lebih dari 200 “pos” pemukim (dibangun tanpa persetujuannya) di Tepi Barat, menurut angka Palestina.

Sumber: Anadolu Agency