duniaekspress.com, 26 Februari 2019. Jet-jet tempur India pada Selasa menyeberang ke wilayah Pakistan, untuk melakukan apa yang oleh kementerian luar negeri di New Delhi sebut sebagai “tindakan pre-emptive non-militer” terhadap kelompok bersenjata Jaish-e-Muhammad (JeM).

Jet-jet angkatan udara India melakukan serangan udara terhadap kamp-kamp militan di dalam Pakistan pada hari Selasa, “sejumlah besar” pejuang tewas.
Menteri Luar Negeri Vijay Gokhale mengatakan hal tersebut dalam konferensi pers, bahwa serangan di kamp Jaish-e-Mohammad (JeM) di Balakot diluncurkan karena New Delhi percaya mereka merencanakan serangan bunuh diri di wilayah India dalam waktu dekat.
“Sejumlah besar teroris Jaish-e-Mohammad, instruktur, komandan senior dan milisi yang sedang dilatih untuk aksi fidayeen (bunuh diri) telah dilenyapkan,” katanya.

Balakot, adalah sebuah kota di provinsi Khyber Pakhtunkhwa di Pakistan, berjarak sekitar 50 km dari Garis Kontrol demarkasi (LoC), yang merupakan perbatasan de facto antara kedua negara yang telah berperang sebanyak tiga kali sejak kemerdekaan mereka dari pemerintahan kolonial inggris pada tahun 1947.
Masyarakat India merayakan serangan tersebut setelah hampir dua minggu serangan bom bunuh diri yang menyebabkan setidaknya 42 tentara India tewas di wilayah Kashmir yang dikelola India.

Masyarakat India merayakan serangan udara tersebut

Pakistan menuduh India melanggar wilayah udaranya dan melakukan “melakukan agresi yang tidak perlu”.

Jatuh Di Lahan Kosong

Militer Pakistan mengatakan pesawat jet tempur India telah menyeberang ke wilayahnya ke wilayah Kashmir yang dipersengketakan dan “melepaskan muatannya” setelah militer Pakistan mengacak-acak jet mereka, tidak ada korban atau kerusakan yang diakibatkan serangan itu.

Sisa bom yang dijatuhkan oleh pesawat india, yang difoto oleh penyidik pakistan

“Pesawat-pesawat India diserang dari arah sektor Muzafarabad,” juru bicara militer Pakistan Mayor Jenderal Asif Ghafoor mengatakan di Twitter pada hari Selasa pagi, merujuk pada daerah di bagian Kashmir yang dikelola Pakistan.
Ghafoor mengatakan “respon yang cepat  tanggap dan efektif dari Angkatan Udara Pakistan”, pesawat India “melepaskan muatannya” dengan tergesa-gesa saat melarikan diri, dan muatan tersebut  jatuh di lahan kosong dekat Balakot. Tidak ada korban atau kerusakan. ”

Maj Gen Asif Ghafoor

@OfficialDGISPR

Indian Air Force violated Line of Control. Pakistan Air Force immediately scrambled. Indian aircrafts gone back. Details to follow.

 

16.9K people are talking about this
View image on TwitterView image on TwitterView image on TwitterView image on Twitter

Maj Gen Asif Ghafoor

@OfficialDGISPR

Payload of hastily escaping Indian aircrafts fell in open.

Penduduk lokal dan wartawan di Pakistan mengatakan bahwa suara pesawat terbang dan ledakan terdengar di daerah Jaba di distrik Mansehra, yang terletak sekitar 60 km dari LoC – perbatasan de facto yang memisahkan Kashmir yang dikelola India dan Pakistan.

Pihak Pakistan menerbitkan foto lahan lereng kosong tempat jatuhnya bom yang merusak pepohonan

(AZ dari berbagai sumber)

Baca juga,

SELAYANG PANDANG MUJAHIDIN JAISH-E-MUHAMMAD SAYAP APILIASI AL-QAIDAH YANG BEROPERASI DI KASHMIR

BOM DI KASHMIR TEWASKAN 42 PARAMILITER INDIA, TERBESAR DALAM 30 TAHUN INI