Duniaekspress.com (5/3/2019)- Ratusan orang, termasuk anggota ISIS, telah menyerah kepada pasukan Kurdi di Suriah timur dan segera dievakuasi dari wilayah Baghouz, benteng terakhir yang sebelumnya dikuasai oleh kelompok bersenjata ISIS tersebut.

Ciyager, seorang pejabat Pasukan Demokrasi Suriah (SDF), mengatakan sekitar 500 orang pada hari Senin meninggalkan desa Baghouz, di provinsi Deir Az Zor.

“Sekitar 200 orang lagi diperkirakan akan menyusul meninggalkan daerah tersebut,” kata Ciyager, seperti yang dikutip kantor berita The Associated Press, Senin (4/3/2019).

Baca Juga:

GABUNG KE ISIS, JERMAN AKAN CABUT KEWARGANEGARAAN WARGANYA

HTS EKSEKUSI 10 TAWANAN ISIS SEBAGAI BALASAN BOM RESTORAN

SDF tidak memberikan angka pasti tentang berapa banyak milisi ISIS yang menyerah.

“Media dan aktivis yang berafiliasi dengan SDF melaporkan puluhan pejuang ISIS menyerah; beberapa menyebutkan sekitar 150 orang dan lainnya menyebut 200 orang,” kata Zeina Khodr dari Al Jazeera.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia, pemantau perang yang berbasis di Inggris, juga mengatakan kelompok yang meninggalkan Baghouz termasuk 150 anggota ISIS.

Evakuasi itu terjadi beberapa jam setelah SDF mengumumkan perlambatan untuk menangkap desa guna melindungi warga sipil yang masih ada di sana, menurut Mostafa Bali, juru bicara kelompok itu.

“Kami memperlambat serangan di Baghouz karena sejumlah kecil warga sipil ditahan sebagai perisai manusia oleh Daesh,” kata Bali dalam akun Twitter pribadinya.

“Namun, kami menyatakan bahwa pertempuran untuk merebut kembali pertahanan ISIS terakhir akan segera berakhir.”