Duniaekspress.com (5/3/2019)- Pejuang Hayat Tahrir al-Sham kembali melancarkan serangan secara mendadak terhadap barak tentara pasukan rezim Bashar al Assad di provinsi pesisir Latakia, serangan tersebut menewaskan belasan tentara rezim.

Sebelumnya, mujahidin Suriah menyerang pasukan rezim di provinsi Hama yang menewaskan 21 pasukan rezim di dekat zona penyangga yang direncanakan di sekitar wilayah yang dikuasai pejuang oposisi di Idlib.

“Saat fajar, 21 pejuang dari pasukan rezim atau milisi sekutu tewas dalam serangan oleh mujahidin Anshar Tauhid,” kata Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SOHR).
“Lima jihadis juga tewas,” kata Rami Abdel-Rahman, direktur kelompok yang berbasis di Inggris tersebut.

Anshar Tauhid memiliki hubungan dengan kelompok Hurrassudien, yang juga aktif di daerah tersebut. Keduanya dianggap sebagai afiliasi Al-Qaeda di Suriah.

Rami mengatakan serangan tersebut adalah salah satu dari jumlah korban tertinggi yang menimpa tentara rezim sejak perjanjian Putin-Erdogan.

Baca Juga:

MUJAHIDIN ANSHAR TAUHID BUNUH 21 TENTARA REZIM DI HAMA

HTS EKSEKUSI 10 TAWANAN ISIS SEBAGAI BALASAN BOM RESTORAN

Wilayah-wilayah yang didominasi orang Alawit di Latakia masih merupakan pasokan tenaga kerja utama untuk rezim Bashar al-Assad.

Lebih dari 130.000 pasukan pro-rezim telah terbunuh dalam tujuh tahun perang brutal, menurut kelompok pengawas setempat.

Lebih dari 560.000 orang telah terbunuh dan jutaan orang mengungsi sejak konflik meletus dengan penindasan brutal terhadap protes anti-rezim pada tahun 2011.