duniaekspress.com, 8 Juni 2019. Mujahidin dari Jabhah Syamiyah (Levant Front) bekerjasama dengan kelompok FSA lainnya berhasil menduduki desa Al Jalamah, Tal Malah, wilayah yang asalnya dikuasai rezim, di Jalan Raya antara Suqaylabiyah dan Muhradah dari milisi pro Asad, setelah pertempuran sengit antara pasukan rezim asad yang didukung oleh milisi-milisi pro assad dengan pasukan oposisi.

Mujahidin dalam operasi “fathul mubiin” berhasil menguasai wilayah penting al jalamah, di tengah pemboman yang dilakukan angkatan udara suriah yang dibantu oleh Rusia di Front Hama atau Idlib selatan, yaitu wilayah Khan Al-Sabil, Kafr Batikh dan tepi barat Maarrat Al-Nu’man dengan bom-bom cluster. Sementara pasukan pro assad secara dramatis terpaksa  mundur dari wilayah strategis tersebut.

Al jalamah

Pernyataan resmi dari jabhah syamiyah

Dari penguasaan tersebut mujahidin mendapatkan ghanimah berupa amunisi dan senjata ringan. Sementara itu pasukan oposisi juga melakukan penghancuran terhadap posisi-posisi tentara assad dan milisinya di sekitar Al Jalamah dengan operasi istisyadiyah menggunakan bom mobil.

Al jalamah

Asap membumbung setelah bom mobil meledak

(RF dari syahriar,com dan liveuamap)

Baca juga,

SELAMA 180 TAHUN MENUNGGU, AKHIRNYA MUSLIM ATHENA MEMILIKI MESJID LEGAL