Mujahidin TIP apiliasi Al-qaidah semakin eksis di Suriyah

Duniaekspress.com. (4/7/2019). – Idlib -Partai Islam Turkistan (TIP), dan seluruh kelompok lainnya yang berafiliasi kepada al-Qaidah, telah merilis satu set foto dan video yang menunjukkan sekelompok besar pejuang mereka tengah mempersiapkan pertempuran di Suriah Utara.

Pada dasarnya, Mujahidin TIP adalah organisasi yang didominasi rakyat Uyghur, tetapi dalam jajaran tingkatannya ia memiliki berbagai pejuang dari negara-negara Barat.

Pihak oposisi saat ini terlibat dalam pertempuran sengit melawan rezim Bashar al-Assad dan sekutunya, terutama di provinsi Hama dan Latakia. Rilis foto dan video dari Mujahidin TIP tersebut tidak diragukan lagi fungsinya, yaitu untuk meningkatkan moral para pejuang ketika kelak korban berjatuhan.

Foto-foto TIP menunjukkan puluhan pejuang berbaris untuk mendengarkan pidato dari salah seorang pemimpin mereka. Kemudian mereka turun dengan sepeda motor dan kendaraan-kendaraan kecil melalui jalan-jalan yang panjang dan berliku menuju pedesaan.

Beberapa anggotanya mengenakan bandana merah, yang menunjukkan bahwa mereka adalah bagian elit dari pasukan khusus Mujahidin TIP. Para pejuang gerilya yang terlatih dengan baik itu ikut berpartisipasi dalam lebih dari satu kelompok jihad di Suriah Utara. Rekan perang Mujahidin TIP, Hai’ah Tahrir al-Syam (HTS), juga sering menyatakan bahwa pasukan mereka terlibat dalam pertempuran tersebut.

Mujahidin TIP bersekutu erat dengan HTS, meskipun berbagai kontroversi dan perselisihan telah terjadi dan mengganggu jajaran mujahidin. Namun, Mujahidin TIP mampu mempertahankan branding independent serta adanya media milik mereka. Pada Mei 2018, Mujahidin TIP merilis sebuah video panjang yang merayakan terjadinya 9/11.

Baru-baru ini, pada bulan Mei 2019, Mujahidin TIP menegur Rusia dalam video lainnya. Video tersebut juga menunjukkan peran Mujahidin TIP dalam jihad global.

Mujahidin TIP biasanya tidak mempublikasikan informasi tentang hierarki kepemimpinannya di Suriah, tetapi awal tahun lalu, sebuah publikasi jihadi memberikan beberapa gambaran kasar mengenai hierarki Mujahidin TIP.

Doğu Türkistan Bülteni, situs web berbahasa Turki yang secara teratur mendokumentasikan aktivitas Mujahidin TIP dan menyebarkan media mereka, pada Februari 2018 lalu situs tersebut melaporkan bahwa dua pemimpin Mujahidin TIP yang baru telah dikirim dari Afghanistan ke Suriah. Syaikh Abu Omar al-Turkistani dan Syaikh Abu Muhammad al-Turkistani.

Masing-masing dari mereka memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun dalam pertempuran di Afghanistan sebagai anggota elit Mujahidin Taliban. Syaikh Abu Omar diangkat sebagai ‘amir umum’ Mujahidin TIP di Suriah, sementara Syaikh Abu Muhammad diangkat sebagai komandan militer.

Tidak jelas apakah kedua orang tersebut masih menjabat sebagai kedua peran tersebut. Tak lama setelah media melaporkan tentang herarki kepemimpinan dari Doğu Türkistan Bülteni, situs tersebut kemudian lumpuh. Dengan asumsi bahwa cerita itu akurat, Mujahidin TIP telah memutuskan bahwa kepemimpinan yang baru diperlukan untuk cabang mereka di Suriah.

 

Media Mujahidin TIP mendapatkan peningkatan output yang signifikan selama beberapa bulan terakhir, semenjak Mujahidin TIP meluncurkan situs web resmi mereka yang baru serta saluran Telegramnya. Sejak itu, situs webnya sudah dilumpuhkan lebih dari satu kali karena alasan yang tidak diketahui.

Saat ini situs mereka berada pada kondisi offline. Saluran Telegram baru Mujahidin TIP telah terbukti lebih stabil, karena gambar yang mereka rilis di sana diambil dari salah satu situs yang terus aktif dan memiliki ribuan pengikut. (RR)

 

Sumber : longwarjournal

 

Baca juga, BERKUMPULNYA MUJAHIDIN APILIASI AL-QAIDAH DENGAN MUJAHIDIN AHLI SUNNAH LAINNYA DARI PENJURU DUNIA DALAM MEREBUT KEMBALI KOTA HAMA