Duniaekspress.com (3/8/2019)- Pihak keamanan Yaman mengatakan, kelompok pejuang Islam Al-Qaeda telah menyerang sebuah kamp militer Belt force di Yaman selatan pada hari Jumat (2/8) yang menewaskan sedikitnya 19 tentara.

Serangan itu adalah yang kedua dalam beberapa hari terakhir yang menyasar sebuah kamp pasukan Belt forces Yaman yang didukung oleh Uni Emirat Arab, Belt force adalah koalisi Arab yang didukung Barat untuk memerangi pemberontak Syiah Houthi yang mengendalikan petak-petak negara.

Seperti yang lansir Memo, pejuang Al-Qaeda Yaman atau dikenal dengan sebutan AQAP sempat mengambil alih kendali atas kamp di desa Al Mahfad di gubernur Abyan selatan sebelum direbut kembali setelah pertempuran sengit.

Seorang pejabat keamanan pemerintah Yaman mengatakan, dalam serangan hari ini, kelompok Al-Qaeda menyerbu kamp militer Al-Mahfad di provinsi Abyan dan terus berada di kamp tersebut selama beberapa jam sebelum personel militer tambahan tiba. Pejabat tersebut mengatakan, 19 tentara tewas dalam baku tembak dengan para militan Al-Qaeda itu.

Baca Juga:

BELANDA LARANG PENGGUNA NIQAB DAN BURQA AKSES RUANG PUBLIK

ISRAEL PANGGIL GADIS 8 TAHUN UNTUK DIINTEROGASI

Sebelumnya, pada hari Kamis sebuah bom mobil meledak di sebuah kamp militer pasukan Keamanan Belt Force di kota pelabuhan selatan Aden, menewaskan 13 polisi.

Negara Islam mengaku bertanggung jawab atas serangan itu dalam sebuah pernyataan yang dilaporkan oleh kantor berita kelompok Amaaq pada hari Jumat.

IS mengatakan serangan itu menewaskan dan melukai puluhan polisi, di antaranya kepala kantor polisi. Pernyataan kementerian dalam negeri mengatakan hanya 13 yang meninggal.

Koalisi Muslim Sunni melakukan intervensi di Yaman pada tahun 2015 untuk mencoba mengembalikan pemerintah yang diakui secara internasional yang memerintah dari Aden setelah digulingkan dari kekuasaan di ibukota Sanaa pada akhir 2014 oleh Houthi.

Konflik ini secara luas dilihat di wilayah tersebut sebagai perang proksi antara Arab Saudi dan Iran Syiah, yang menyangkal keterlibatannya di Yaman.