Duniaekspress.com (15/8/2019)- Pejuang Suriah telah menembak jatuh sebuah pesawat tempur rezim Suriah di provinsi Idlib pada hari Rabu (14/8). Kelompok mujahid Tahrir al-sham berhasil menembak jatuh pesawat tersebut ketika pasukan rezim yang didukung Rusia mendekati sebuah kota yang secara strategis penting di provinsi terseut.

“Seorang pilot yang dikeluarkan dari pesawat ditangkap,” kata Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia. Sementara itu media pro rezim Suriah tidak menyebutkan insiden semacam itu sebelumnya.

Jihadis Tahrir al-Sham, kelompok pejuang paling kuat di daerah itu, mengatakan para pejuangnya telah menembak jatuh sebuah jet Sukhoi 22 yang lepas landas dari pangkalan udara Suriah di provinsi Homs.

Baca Juga:

DIANGGAP RASIS, ZAKIR NAIK SEBUT ADA YANG MENCARI KEUNTUNGAN POLITIK

HADAPI PEJUANG PALESTINA, TENTRA ISRAEL ALAMI TRAUMA

Jet itu jatuh di dekat Khan Sheikhoun, sebuah kota yang dikuasai para pejuang yang pernah dilanda serangan gas sarin pada tahun 2017 dan sekarang menjadi sasaran dalam serangan rezim yang didukung Rusia.

Pejuang Suriah telah menembak jatuh pesawat pemerintah pada beberapa kesempatan selama perang yang meletus dari pemberontakan terhadap Presiden Bashar al-Assad pada 2011.

Pernyataan Tahrir al-Sham tidak mengatakan bagaimana pesawat itu ditembak jatuh, akan tetapi Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia mengatakan senapan mesin berat telah digunakan untuk menemak jatuh pesawat tersebut.

Wilayah Idlib barat laut adalah bagian dari benteng besar terakhir oposisi terhadap Presiden Bashar al-Assad.