Duniaekspress.com (3/9/2019)- Zalmay Khalilzad mengatakan, Amerika Serikat akan menarik pasukannya dari lima pangkalan Afghanistan di bawah kesepakatan yang diusulkan dengan Taliban.

Zalmay Khalilzad, yang telah menghabiskan waktu sekitar satu tahun untuk bernegosiasi dengan Taliban, menjelaskan pada hari Senin (2/9) penarikan akan terjadi dalam waktu sekitar empat bulan dari kesepakatan akhir yang disetujui, asalkan Taliban tetap pada komitmen mereka.

“Kami telah sepakat bahwa jika kondisi berjalan sesuai dengan perjanjian, kami akan pergi, dalam waktu 135 hari, lima pangkalan di mana kami hadir sekarang,” kata Khalilzad kepada Tolo News.

Baca Juga:

ISRAEL HANCURAN SEBUAH MASJID DI AL-KHALIL

SNHR: 267 WARGA SIPIL SURIAH TEWAS SELAMA AGUSTUS 2019

Khalilzad tiba di Kabul menyusul perundingan putaran terakhir dengan Taliban di ibukota Qatar, Doha, setelah itu dia mengatakan kedua pihak berada di “ambang” kesepakatan.

Dia bertemu Presiden Afghanistan Ashraf Ghani pada hari Senin dan menunjukkan kepadanya rancangan perjanjian yang diusulkan.

Kesepakatan prospektif berpusat pada pengurangan pasukan AS dengan imbalan beberapa jaminan keamanan dari Taliban, serta pembicaraan damai yang lebih luas antara Taliban dan pemerintah Afghanistan dan gencatan senjata akhirnya.

Sekitar 14.000 tentara AS dan sekitar 17.000 tentara dari 39 sekutu NATO dan negara-negara mitra berada di Afghanistan dalam peran non-tempur.

Sebelumnya, pada hari Ahad (1/9), Khalilzad mengatakan AS dan Taliban mendekati kesepakatan yang akan mengurangi kekerasan dan membuka jalan bagi perdamaian “berkelanjutan”.