DUNIAEKSPRESS.COM (17/9/2019)- Perusahaan Listrik Distrik Yerusalem (JEDCO) telah mengkonfirmasi hari ini bahwa mereka telah menerima peringatan ketiga dari Perusahaan Listrik Israel bahwa mereka akan mulai memotong pasokan listrik ke kota Ramallah, Betlehem, dan Jericho di Tepi Barat Palestina dalam minggu mendatang.

Ketua dan CEO JEDCO, Hisham Al-Omari mengatakan bahwa Israel akan memotong pasokan listrik ke Ramallah pada 22 September dari jam 10 pagi hingga tengah hari. Pemadaman listrik akan memengaruhi warga Palestina yang tinggal di banyak desa dan kota di sekitar kota-kota utama Tepi Barat. Pada 23 September, Ramallah dan Jericho dan lebih banyak daerah di sekitarnya akan mengalami pemadaman listrik antara tengah hari.

Baca Juga:

KOALISI UEA SEBUT IRAN DIBALIK SERANGAN KE ARAMCO

OKI KECAM KERAS RENCANA ISRAEL CAPLOK TEPI BARAT

Al-Omari meminta maaf atas tindakan yang di luar kendali perusahaannya. Dia menunjukkan bahwa pemadaman listrik akan berdampak serius pada kondisi kehidupan di Tepi Barat yang diduduki, yang mencakup semua aspek kehidupan, termasuk pendidikan, perawatan kesehatan, telekomunikasi dan bisnis.

Dia mendesak organisasi-organisasi HAM internasional untuk segera melakukan intervensi untuk menekan Israel agar membatalkan langkah-langkah yang diusulkan terhadap wilayah Palestina. Pada saat yang sama, ia mengimbau pelanggan Palestina untuk membayar tagihan tepat waktu dan mengakhiri pencurian listrik. Pengenaan pemadaman listrik oleh Israel akan menjadi salah satu aspek dari kontrolnya yang besar terhadap penduduk Palestina.

Sumber daya utama lainnya yang menghadapi pembatasan pasokan Israel adalah air bersih. Jalur Gaza secara khusus menderita kekurangan air bersih dan bergantung pada pasokan yang datang dari Israel. Selama banyak pemboman yang ditimbulkan Israel di Gaza, sistem air dan jaringan pipa enklave telah rusak, dan orang-orang Palestina di wilayah tersebut telah dilarang mengimpor bahan-bahan yang diperlukan untuk melakukan perbaikan, dengan hasil bencana untuk penyediaan layanan kesehatan, khususnya.