DUNIAEKSPRESS.COM (10/10/2019)- Kementerian Pertahanan Turki mengatakan, militer Turki dan para pejuang kemerdekaan Suriah telah memasuki Suriah timur laut pada Rabu malam (9/10), dan memulai serangan darat terhadap milisi Kurdi.

Sebelumnya pada hari Rabu, pesawat tempur dan artileri Turki menggempur sasaran Kurdi YPG dengan serangan udara dan serangan artileri dalam operasi militer lintas batas hanya beberapa hari setelah pasukan AS mundur dari daerah tersebut.

Juru bicara salah satu kelompok pejuang Suriah yang pro-Turki mengatakan kepada AFP bahwa fase darat dari operasi dimulai di Tal Abyad, sebuah wilayah di bawah kendali Unit Perlindungan Rakyat Kurdi Suriah (YPG).

Baca Juga:

HAMAS LUNCURKAN PERANG RAHASIA LAWAN ISIS

ISRAEL TEMBAK BOCAH PALESTINA DENGAN BOM GAS AIR MATA

Media Turki mengatakan pasukan khusus dan kendaraan lapis baja memimpin invasi darat dan telah memasuki beberapa titik di sepanjang perbatasan.

“Angkatan Bersenjata Turki dan Tentara Nasional Pembebasan Suriah telah meluncurkan operasi darat ke timur sungai Efrat sebagai bagian dari Operasi Musim Semi Perdamaian,” kata kementerian pertahanan mengumumkan di Twitter.

Sementara itu Pasukan Demokrat Suriah yang dipimpin Kurdi mengklaim mereka memukul mundur serangan darat Turki di perbatasan utara Suriah, tak lama setelah Ankara mengumumkan fase darat operasinya terhadap pasukan Kurdi telah dimulai.

“Serangan darat oleh pasukan Turki telah dihalau oleh para pejuang SDF” di wilayah Tal Abyad, kata juru bicara SDF Mustefa Bali di Twitter.