Pasukan militer rezim Syi’ah Basar Asad kontrol Manbij setelah memberi bantaun pada milisi Komunis Kurdi

Duniaekspress.com. 916/10/2019). – Moscow – Rusia mengonfrimasi pada Selasa (15/10/2019) bahwa tentara Suriah sepenuhnya menguasai kota Manbij dan sekitarnya setelah Damaskus mengerahkan pasukan di utara negara itu untuk menghadang serangan Turki.

“Tentara pemerintah Syi’ah Suriah telah mengambil kendali penuh atas kota Manbij dan sekitarnya,” kata pernyataan Kementerian Pertahanan Rusia, seperti dilansir AFP.

Kantor berita rezim Suriah SANA melaporkan pada Senin sebelumnya bahwa unit tentara Suriah memasuki kota Manbij, yang dikontrol oleh pemerintahan independen Kurdi Suriah (Rojova).

Pengerahan militer Suriah ke kota di dekat perbatasan itu bagian dari kesepakatan kerja sama menghadapi Turki yang ditandatangani oleh Damaskus dan Rojova.

Rusia, sekutu penting Presiden Bashar Al-Assad, melakukan intervensi militer pada 2015 untuk mendukung pasukannya.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pasukan Rusia terus melakukan patroli di wilayah perbatasan di sepanjang “jalur kontak” antara pasukan Suriah dan Turki. “Kerja sama telah diatur dengan pihak Turki,” katanya.

Sebelumnya dilaporkan militer Turki dan gerilyawan oposisi Suriah melanjutkan kampanye militer mereka dengan menyerbu kota Manbij di pedesaan Aleppo. Di sisi lain, militer Suriah mengerahkan pasukannya ke kota tersebut berdasarkan perjanjian dengan pemerintahan Kurdi.

Sementara itu, utusan khusus Rusia untuk Suriah Alexander Lavrentiyev mengumumkan Selasa bahwa Rusia tidak akan membiarkan konfrontasi antara tentara Turki dan Suriah.

“Saya pikir konfrontasi seperti itu tidak akan dapat diterima dan tidak ada kepentingan siapa pun. Oleh karena itu, kami tidak akan membiarkan hal-hal berjalan sejauh itu,” kata Lavrov kepada kantor berita Rusia TASS.

Dia menekankan bahwa pejabat Turki dan Suriah melakukan kontak untuk menghindari pertempuran. “Negosiasi sedang berlangsung saat ini,” katanya. (RR)

Sumber : AFP

 

Baca juga, TURKI LAKUKAN SERANGAN DARAT DI SURIAH