AS tarik pasukannya dari Suriyah konvoi melalui Kurdistan Iraq

Duniaekspress.com. (22/10/2019). – Kurdistan – Puluhan kendaraan lapis baja AS sarat pasukan, Senin (21/10/2019), tiba di sebuah pangkalan AS di barat laut Irak. Konvoi ini sempat melintasi wilayah Kurdistan Irak sebelum tiba di tempat tujuan.

Iring-iringan tentara AS itu meninggalkan Suriah melalui penyeberagan perbatasan jembatan Fishkhabour yang berbatasan dengan segitiga Irak-Suriah-Turki. Kemudian melewati provinsi Dohuk dan bergabung dengan pangkalan militer di dekat kota Mosul di barat laut.

Amerika Serikat pada Ahad lalu mengumumkan penarikan 1.000 tentara AS yang dikerahkan di Suriah utara dan timur. Pengumuman ini dikeluarkan lima hari setelah serangan Turki terhadap milisi Kurdi. AS mengumumkan hal itu di pangkalannya di Suriah yang termasuk bagian dari zona aman yang ingin dibangun Turki.

Seorang koresponden AFP pada hari Minggu melihat lebih dari 70 kendaraan lapis baja dan kendaraan militer berbendera AS melintasi kota Tal Tamr di Suriah sementara helikopter mengikuti mereka.

Rami Abdel Rahman, direktur lembaga pengawas HAM Suriah (SOHR), mengatakan kepada AFP bahwa iring-iringan tentara AS itu dalam rangka mengosongkan bandara Sarin. Bandara Sarin yang diubah jadi pangkalan militer AS itu merupakan lokasi militer terbesar negara itu di Suriah utara. Ini merupakan pengosongkan keempat pangkalan militer AS di Suriah utara dalam sepekan.

Saat ini, Amerika masih mempertahankan pangkalannya di provinsi Deir Ezzor dan Hasakah, serta pangkalan al-Tanf di selatan. (RR)

 

Sumber : AFP

 

Baca juga, OPERASI MATA AIR PERDAMAIAN OLEH TURKI DAN KOALISINYA, SDF SEGERA MINTA BANTUAN REZIM