Pasukan AS yang angkat kaki dari Suriyah dan transit di Iraq 4 minggu kedepan akan ditarik ke barak

Duniaekspess.com. (25/10/2019). – Bumi Syam – Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Mark Esper dalam kunjungannya ke Iraq mengumumkan bahwa pasukan AS yang datang dari Suriah akan meninggalkan Iraq empat minggu kemudian.

Menurut laporan media Iraq, Esper melakukan kunjungan tiba-tiba ke Baghdad, sehari sebelum tentara AS datang dari Suriah ke Iraq.

“Pasukan kami yang ditarik dari Suriah dan telah tiba di Iraq akan meninggalkan (Iraq) empat minggu kemudian,” kata Esper.

Media setempat melaporkan Menteri Pertahanan Iraq Najah al-Shammari mengatakan jumlah pasukan AS yang ditarik dari Suriah ke Iraq kini mencapai 150 orang.

Al-Shammari mengungkapkan pasukan AS yang ditarik itu akan dikerahkan ke barak pangkalan mereka di Qatar atau Kuwait.

Pada Selasa, Kementerian Pertahanan Iraq mengatakan penarikan tentara AS dari utara Suriah tidak dapat menetap di Iraq.

Esper sebelumnya mengatakan penarikan tentara AS dari Suriah akan pergi ke Iraq untuk melancarkan operasi melawan kelompok teroris Daesh (ISIS) dan Mujahidin lainnya di wilayah itu.

Penarikan tentara AS diputuskan setelah Turki melancarkan Operasi Mata Air Perdamaian yang bertujuan untuk memberantas teroris di utara Suriah, sebelah timur Sungai Eufrat untuk mengamankan perbatasan Turki, membantu kembalinya pengungsi Suriah dan memastikan integritas teritorial Suriah. (RR).

Sumber : AA

 

Baca juga, AS TARIK PASUKANNYA DARI SURIYAH KONVOI MELALUI KURDISTAN IRAQ