DUNIAEKSPRESS.COM (2/11/2019)- Pihak keamanan mengatakan, sekitar 11 tersangka, termasuk seseorang yang diduga sebagai pembantu Abu Bakar Al-Baghdadi, ditangkap pada hari Jumat (1/11) di Turki atas kaitan dengan kelompok teror ISIS.

“Sebagai bagian dari upaya melawan ISIS, tim keamanan melakukan operasi simultan di berbagai alamat di provinsi Cankiri,” kata pihak keamanan Turki, yang meminta tidak disebutkan namanya karena pembatasan berbicara kepada media.

Seorang individu yang dituduh sebagai pembantu pemimpin kelompok teror Abu Abu Bakar al-Baghdadi tewas dalam operasi AS akhir pekan lalu termasuk di antara para tersangka.

Baca Juga:

TENTARA ISRAEL LUKAI 59 WARGA PALESTINA

ISRAEL GEMPUR LOKASI PERLAWANAN PALESTINA

Di bawah Baghdadi, ISIS mengambil alih wilayah luas Irak dan Suriah mulai tahun 2013, akhirnya mengklaim pembentukan “kekhalifahan” di wilayah itu karena merencanakan dan melakukan serangan mengerikan yang mencapai jauh melampaui benteng teritorial utamanya.

Sejak memasukan ISIS sebagai kelompok teroris pada 2013, Turki telah berkali-kali diserang oleh teroris tersebut, termasuk 10 pemboman bunuh diri, tujuh pemboman, dan empat serangan bersenjata yang menewaskan 315 orang, termasuk polisi dan tentara, dan melukai ratusan lainnya.

Menanggapi serangan ini, Turki meluncurkan operasi anti-teror di dalam dan luar negeri, menetralisir 3.500 teroris Daesh dan menangkap 5.500. [anadolu]