Apakah boleh mengatakan kepada orang Khawarij dengan panggilan akhi fillah (saudaraku karena Allah) ?

 

Baca sebelumnya, KHILAFAH ABU BAKAR AL-BAGHADADI BERNAFAS DENGAN TAKFIR (MENGKAFIRKAN) DAN TAFJIR (MENUDUH FAJIR)

Duniaeskpress.com. (29/12/2019). Syaikh Dr. Hani As-Siba’i berkata, “Ada seorang yang bertanya, apakah boleh mengatakan ‘Akhi Fillah’ kepada orang khawarij ? lalu apa hukum mengucapkan salam kepadanya ?

Saya mengatakan dengan mengharap taufiq dari Allah ; Khawarij itu bid’ah, sesat dan menghalalkan darah yang dijaga agama Islam. Paling tidak, ia dihukumi fasiq. Diantara ulama ada yang mengkafirkan mereka seperti Imam Bukhari, Ibnu Arabi dan selain keduannya. Rasulallah shalallahu’alaihi wassalam, memerintahkan untuk memerangi mereka, “Jika aku menemui mereka niscaya akan aku perangi seperti kaum ‘Aad’ (HR. Bukhari dan Muslim).

Beliau juga menyebutkan pahala orang yang memerangi mereka ; ‘Dimana saja kalian menemukan mereka, maka bunuhlah mereka, karena sesungguhnya ada pahala dalam membunuh mereka bagi orang yang membunuhnya, pada hari kiamat’ (HR. Bukhari).

Imam Bukhari membuat bab sendiri dalam shahihnya (Bab membunuh khawarij dan orang-orang atheis setelah menyampaikan hujjah (dakwah) kepada mereka.

Shahabat yang mulia, Abdullah bin Umar r.a. memandang mereka sebagai makhluk Allah yang paling jahat. Ia juga berkata, ‘bahwa mereka menggunakan ayat yang diturunkan untuk orang-orang fasik, untuk memvonis orang-orang mukmin.” (Fathul Bari).

Saya katakan, bagaimana mungkin suatu kaum dengan kesesatannya, yang diperingatkan oleh Rasulullah Shallallahu’alaihi wassalam, dan diperintahkan untuk memeranginya, kita katakan kepada salah seorang kepada mereka semuanya ‘akhi’ (saudaraku) atau ‘ikhwani fillah’ (saudaraku karena Allah).

Oleh karena itu, tidak diperbolehkan mengucapkan salam kepada mereka, senyum dihadapan wajahnya, maupun mengatakan kepada salah seorang diantara mereka, “akhi Fillah”! ini menurut pendapat yang berpendapat bahwa khawarij itu ahli bid’ah dan sesat, namun masih memegang Ushul Islam!

Adapun menurut pendapat yang mengkafirkan mereka dan mengeluarkan mereka dari Islam, maka perkaranya sangat jelas dan gamblang. Semoga Allah memberikan hidayah dan taufikNya kepada kita semua.”

(akun resmi syaikh Hani As Siba’i di twitter ; makalah dengan judul, “Hal yaqaalu lil khariji akhi fillah”).

Baca juga, DAULAH (ISIS) MENYERANG SELURUH MUJAHIDIN DAN PARA PEMBERONTAK PEMERINTAH