Delapan tentara India tewas diserang Gerilyawan Mujahidin Kashmir

Duniaekpsress.com. (05/05/2020). – Kashmir –Tiga tentara India tewas dalam bentrokan dengan gerilyawan di wilayah Himalaya Kashmir yang disengketakan pada Senin (04/05/2020). Sehari sebelumnya, insiden serupa menewaskan lima tentara.

Junaid Khan, seorang perwira senior pasukan keamanan India, mengatakan kepada Reuters bahwa orang-orang bersenjata menyerang Pasukan Polisi Cadangan Sentral di Kashmir utara.

“Tiga orang dari pasukan polisi cadangan tewas. Dua meninggal di tempat dan yang ketiga meninggal dalam perjalanan ke rumah sakit. Satu lagi (keempat) terluka parah,” jelasnya.

Pada Ahad, lima tentara India, termasuk seorang perwira militer senior, tewas di daerah hutan di Kashmir utara selama operasi melawan sekelompok gerilyawan Mujahidin Kashmir, dua di antaranya kemudian tewas setelah dievakuasi.

India menuduh tetangganya, Pakistan, membiayai kelompok-kelompok bersenjata yang sangat menentang aturannya, yang tuduhan tersebut dibantah Islamabad (pakistan).

Bulan lalu, New Delhi melancarkan serangan besar-besaran terhadap masyarakat muslim Kashmir, yang menewaskan 22 dari mereka sejak memaksakan langkah-langkah isolasi publik di daerah itu untuk mencegah penyebaran virus Corona.

Menurut data resmi, 20 tentara India terbunuh dalam periode yang sama, dalam kerugian terbesar yang diderita negara itu sejak serangan ingghimasi oleh gerilyawan yang menewaskan 40 pasukan keamanan pada Februari 2019.(AB).

Sumber : Reuters

 

Baca juga, BAKU TEMBAK DI KASHMIR, TENTARA DAN WARGA SIPIL TEWAS