Satu tentara zionis Israel tewas terkena lemparan batu para pejuang Kemerdekaan Palestina

Duniaekspress.com. (12/05/2020). – Tepi Barat — Tentara Israel mengumumkan pada Selasa (12/05/2020)  bahwa satu anggotanya tewas oleh lemparan batu di kota Ya’bad di Tepi Barat yang diduduki selama operasi militer di daerah itu.

Militer zionis Israel mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa prajurit Amit Bin Egal (21 tahun) terluka pagi ini akibat terkena”lemparan batu di kepala selama kegiatan operasi militer” di kota Ya`bad, sebelah barat Jenin, yang menyebabkan kematiannya.

Juru bicara militer zionis Israel,  Jonathan Conricus, menjelaskan kepada wartawan bahwa insiden itu terjadi setelah pasukan menyelesaikan operasi.

“Pasukan meninggalkan kota setelah menyelesaikan misinya ketika sebuah batu besar dilemparkan dari sisi kota ke arah para prajurit, dan mengenai kepala Sersan Amit Ben Egal,” jelasnya melalui telepon.

Dia menyebutkan bahwa Egal adalah tentara zionis Israel pertama yang terbunuh dalam misi sejak awal tahun. “Meski dia mengenakan helm, sayangnya itu tidak membantunya,” tambahnya.

Ia melanjutkan,  Yabad dikenal sebagai tempat populer bagi para pejuang Islam, simpatisan, pendukung kegiatan pejuang dan banyak pelempar batu.

“Kami sedang menyelidiki apa yang terjadi dan kami menangkap mereka yang bertanggung jawab,” pungkas Conricua.

Sumber-sumber lokal di Ya`bad mengatakan, tentara zionis Israel saat itu sedang menggelar operasi penangkapan di kota itu, akibatnya terjadi konfrontasi.

Menurut Kantor Berita Palestina, “Wafa”, pasukan pendudukan zionis Israel menangkap empat pemuda dari kota Yabad, barat daya Jenin, pada dini hari ini yang mengakibatkan konfrontasi.

Wafa menambahkan bahwa pasukan militer zionis Israel telah memanggil bala bantuan militer dan menyerbu sejumlah rumah warga.

Seorang koresponden media AFP di tempat kejadian mengatakan bahwa “tentara masih di kota Ya`bad, dan konfrontasi terus berlanjut.”

Kematian tentara zionis Israel ini terjadi menjelang kunjungan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo ke Israel, tempat Netanyahu dan Pembicara Knesset Benny Gantz akan bertemu, sebelum pemerintah baru zionis Israel mengambil sumpah pada Kamis besok.

Sekitar 2,7 juta warga Palestina tinggal di Tepi Barat yang diduduki oleh zionis Israel sejak 1967. Sebanyak 400.000 orang Israel juga tinggal di pemukiman ilegal, menurut hukum internasional, di kota yang sama. (AB)

Sumber : AFP

Baca juga, PEMUKIM ILEGAL ISRAEL TEWAS DITIKAM