Pemerintah Syi’ah Iran perkuat sistim pertahanan udara rezim syi’ah Suriyah

Duniaekspress.com. (11/07/2020). – Teheran – Kepala militer Syi’ah Iran telah menandatangani perjanjian dengan presiden Suriah untuk memperkuat sistem pertahanan udara Suriah sebagai bagian dari perjanjian kerja sama militer. Demikian laporan TV pemerintah Iran, Jumat (10/07/2020).

Jenderal Mohammad Hossein Bagheri, kepala staf angkatan bersenjata Syi’ah Iran, bertemu dengan Presiden Suriah Bashar Assad selama kunjungan kedua ke Suriah sejak 2019. Assad mengatakan perjanjian yang ditandatangani oleh kedua belah pihak sebagai hasil dari kerja sama di Syria.

Bagheri mengatakan “akan meningkatkan tekad kedua negara untuk menghadapi tekanan AS.”

Sekutu AS, Israel sesekali menyerang pasukan Tentara Syi’ah Iran di Suriah. Israel memandang kubu Iran di perbatasan utara sebagai garis merah, dan telah berulang kali mengenai fasilitas dan konvoi senjata Iran yang ditujukan untuk kelompok militan yang didukung Iran, milisi syi’ah Hizbullat di Libanon.

Dalam sebuah video singkat yang ditayangkan di TV pemerintah Iran, Assad terlihat menerima Bagheri dan delegasinya.

Pada November, jet tempur Israel menghantam beberapa sasaran milik pasukan elit Syi’ah Iran Quds di Suriah menyusul tembakan roket ke Dataran Tinggi Golan yang dikontrol Israel.

Syi’ah Iran, yang jarang mengomentari serangan Israel, adalah pendukung regional No.1 Bashar Assad, yang juga mendukung kelompok-kelompok militan anti-Israel seperti Hamas dan Hezbollat Palestina.

Sumber : Arab News

 

Baca juga, PULUHAN TEWAS DALAM PEMAKAMAN JENDRAL SYI’AH IRAN