Sekjen MUI menyambut baik Hagia Shopia kembali difungsikan menjadi Mesjid

Duniaekspress.com. (25/07/2020). – Jakarta – Sekertaris Jendral Majelis Ulama Indonesia (MUI), Anwar Abbas menyambut gembira Hagia Sophia yang kembali difungsikan sebagai masjid. Sebagaimana diketahui, Hagia Sophia dibuka pertama kali digunakan untuk sholat Jumat pada 24 Juli ini.

“Kita menyambut gembira masjid tersebut dikembalikan fungsinya oleh pemerintah Turki sebagai tempat ibadah bagi orang Islam,” katanya saat dihubungi Kiblat.net pada Jumat (24/07/2020).

Ia tak setuju dengan penolakan perubahan fungsi ini dengan alasan historis, bahwa Hagia Sophia fungsinya dirubah menjadi museum karena nilai historis. Sebab, nanti muncul lagi pemikiran untuk menjadikan Masjidil Haram sebagai museum karena dia memiliki makna historis yang tinggi.

“Fungsionalisasi mesjid tersebut sebagai tempat ibadah tidak akan mengurangi makna historisnya. Malah bisa menambah arti dan maknanya,” tuturnya.

Sebelumnya, Hagia Shopia telah diputuskan untuk kembali menjadi masjid. Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan mengatakan situs tersebut akan dibuka untuk beribadah pada 24 Juli, dan hal tersebut benar-benar terwujud.

Pengadilan administrasi utama Turki pada hari Jumat membatalkan keputusan pemerintah pada 1934 yang mengubah Hagia Sophia menjadi museum. Keputusan yang telah lama ditunggu-tunggu ini membuka jalan bagi ikon kota Istanbul Hagia Sophia untuk digunakan sebagai masjid. (AB).

 

Baca juga, MESJID HAGIA SHOPIA MULAI DI BUKA HARI JUM’AT INI