AS yakin ISIS tak akan bangkit lagi, dengannya mereka mengurangi pengiriman pasukan ke Iraq

Duniaekspress.com. (27/07/2020). – Baghdad – Wakil komandan Mayor Jenderal Kenneth Ekman mengatakan bahwa ISIS tidak akan bangkit kembali dan secara signifikan telah berkurang. Hal ini memungkinkan AS untuk mengurangi pasukannya di Iraq. Dan hal tersebut dilakukan secara perlahan.

Pernyataan Ekman keluar menjelang pembicaraan AS dengan pemerintah Iraq mengenai tingkat pasukan mereka di masa depan. Iraq meminta AS untuk pergi, sementara AS menolak hal itu dengan dalih masih adanya keberadaan ISIS. Tanpa alasan ISIS, pemotongan pasukan hampir pasti disepakati.

Pernyataan bahwa ISIS tidak bangkit mengejutkan banyak pihak. Kelompok itu sudah lama menjadi alasan bagi AS untuk melanjutkan operasi mereka, dan benar-benar tidak ada banyak dalih lain untuk keterlibatan di Iraq, di mana parlemen sebenarnya dengan suara bulat menginginkan orang Amerika untuk keluar dari sana.

AS masih memiliki beberapa ribu pasukan lagi yang tersisa di Iraq, dan mungkin tidak ada penarikan yang diumumkan sebelum adanya negosiasi dengan Iraq. Sekretaris Negara, Mike Pompeo menyiratkan bahwa pemotongan pasukan juga akan berpengaruh dengan mengorbankan bantuan dana ke Iraq. Amerika menggunakan penarikan ini sebagai alasan tersebut.

Sumber : Antiwar

 

Baca juga, ADA ISIS DALAM GELAS STARBUCKS AS