Gencatan senjata 300 Pejuang Taliban dibebaskan dari Penjara

Duniaekspress.com (04/08/2020). – Afghanistan – Memasuki hari ketiga sekaligus terakhir gencatan senjata dengan Taliban, pemerintah Afghanistan mengumumkan mereka telah membebaskan lebih dari 300 orang tahanan dari kelompok pejuang militan Taliban.

Lewat sebuah pernyataan, Kantor Dewan Keamanan Nasional (ONSC) mengatakan pemerintah telah membebaskan 317 tahanan Taliban dari Parwan dan penjara provinsi lainnya, sehingga total tahanan yang sudah dibebaskan menjadi 4.917.

Pembebasan tahanan akan berlanjut hingga mencapai 5.100 orang, seperti yang dijadikan syarat dalam perjanjian perdamaian Amerika Serikat-Taliban yang ditandatangani pada Februari.

Taliban bersumpah telah memenuhi janji mereka untuk membebaskan 1.000 pasukan keamanan yang mereka tawan.

Kelompok pemberontak itu mengumumkan gencatan senjata mendadak selama perayaan Idul adha tiga hari yang dimulai pada Jumat.

Presiden Mohammad Ashraf Ghani menyambut seruan itu dan berjanji untuk menyelesaikan permasalahan pertukaran tahanan dengan Taliban dan mengajak mereka untuk bersiap-siap melakukan perundingan dalam sepekan ke depan.

“Rakyat Afghanistan menuntut gencatan senjata permanen dan memulai negosiasi langsung antara pemerintah Afghanistan dan Taliban,” kata kantor presiden dalam sebuah pernyataan. (AB).

 

Sumber : AA

 

 

Baca juga, AFGHANISTAN MINTA PERPANJANGAN GENCATAN SENJATA DENGAN TALIBAN