DUNIAEKSPRESS.COM (2/9/2020)- Aparat Kepolisian Turki menangkap seseorang yang diduga menjadi komandan tertinggi kelompok Negara Islam Irak dan Suriah, atau ISIS Turki di negara itu, pada hari Selasa (1/9).

Dilansir Associated Press, Menteri Dalam Negeri Turki, Suleyman Soylu, menyatakan bahwa tersangka itu bernama Mahmut Ozden. Dia dilaporkan menjadi Amir ISIS Turki, panglima tertinggi kelompok tersebut di wilayah Turki

Baca Juga:

ISRAEL TEMBAKAN GAS AIR MATA KE RUMAH SAKIT DI HEBRON

Polisi menyita komputer tersangka dan “materi digital” lainnya yang mengungkapkan bahwa kelompok itu berencana menculik politikus Turki dan membawa lari mereka ke Suriah. Selain itu, mereka juga berencana menyerang sektor bisnis negara Turki.

Soylu mengatakan kepada wartawan bahwa penangkapan Mahmut Ozden berasal dari informasi yang diperoleh dari seorang militan ISIS yang ditahan dalam penggerebekan di Istanbul pekan lalu.

Dia menambahkan operasi untuk melawan kelompok tersebut masih terus berlangsung.

Baca Juga:

SELANDIA BARU TETAPKAN BRENTON TARRANT SEBAGAI ENTITAS TERORIS

Saluran berita Haberturk mengatakan Ozden ditahan dalam operasi yang dilakukan di selatan kota Adana.

Selama lima tahun terakhir, Turki mengalami serangkaian serangan oleh militan ISIS, termasuk serangan di klub malam Istanbul selama perayaan Tahun Baru pada dini hari tahun 2017. Serangan itu menewaskan 39 orang, kebanyakan dari mereka adalah orang asing.

Bulan lalu, polisi di provinsi Bursa barat laut juga menahan seorang tersangka militan ISIS lainnya yang diduga merencanakan serangan di sebuah kantor polisi. [cnn]