Koreksi Atas Kitab Al-Jami’ bagian 2

Baca sebelumnya, KOREKSI ATAS KITAB AL-JAMI’

Duniaekspress.com (02/09/2020). – PENDAHULUAN – Segala puji bagi Allah dengan pujian orang-orang yang bersyukur kepada-Nya, yang telah menyempurnakan Dien ini bagi kita dan memberikan kenikmatan untuk mengikuti syari’at-Nya yang Kembali asing di ala ini. Shalawat dan salam semoga dilimpahkan kepada pimpinan orang-orang terdahulu dan belakangan, Muhammad al-Amin, beserta keluarga, sahabat dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik sampai hari kiamat.

Amma ba’ad

Ada banyak Ikhwan di seluruh dunia yang mencari koreksi dari Syaikh Abu Qatadah Al-Filstini atas buku karya Sayyid Imam (Al-Jami’ fi Thalabil ‘ilmi asy-syarif). Hal ini setelah syaikh Abu Qatadah menyebutkan bahwa beliau telah menuliskan koreksi yang Panjang.

Namun qadarullah, tulisan tersebut hilang setelah terjadi masa kritis pada tahun 2001. Dan sayangnya tidak ada salinannya yang tersimpan di tempat yang aman. Karena itu, saya melihat akan ada manfaatnya sekiranya saya mengumpulkan Sebagian koreksi yang telah Syaikh sebutkan, meskipun hanya ringkas. Sebab, saya liat koreksi ini cukup untuk mewakili apa yang telah beliau sebutkan.

Saya berusaha membahas secara luas tentang kaidah ushuliyah yang disebutkan oleh Syaikh di dalam koreksinya. Saya juga akan membahas secara luas pada point koreksian Syaikh dengan menukil perkataan beliau dalam persoalan yang sama, dan menukil perkataan-perkataan ahli ilmu yang bisa menghilangkan kebingungan yang mungkin terjadi pada pembaca karena ringkasnya tulisan.

Dalam tulisan ini, kadang saya menambah, meringkas atau mengoreksi beberapa ungkapan agar bisa dipahami dengan baik. (Syaikh Abu Fadhl Umar Al-Hadusyi Al-Maghribi mengatakan, “Keilmiahan ringkasan dan koreksi ini seperti tahdzib (meringkas dan membuang ungkapan-ungkapan yang tidak diperlukan). Saya telah mengatakan di buku saya Syifa’ At-tabrih fi syarh alfadh At-tarjih, halaman 1027 di bawah perkataan (1. Kitab al Kamal fi asma’I ruwat al-kutub as-sittah, karya ak-Hafidz abdul Ghani Al-maqdisi. Dst Pent.).

Tulisan ini adalah ringkasan dari koreksi Syaikh Abu Qatadah Al-Filistina atas buku Al-Jami’ fi Thalabil ‘ilmi Asy-Syarif. Perlu diketahui, Syaikh telah menebarkan warisan ilmiyahnya dalam bentuk buku, Makalah dan cermah. Sebagain besar kritik beliau adalah berasal dari buku Ju’natul Mathayyibin dan makalah Ahlul qiblah wal muta’awilun.

InsyaAllah bersambung …

 

Baca juga, JAWABAN SYAIKH ABU QOTADAH BAGI ORANG YANG MENAHAN DIRI DARI MENGKAFIRKAN ERDOGAN