Arab Suadi tangkap 10 anggota sel teroris yang dibina Syi’ah Iran

Duniaekspress.com. (30/09/2020). – Riyadh – Aparat keamanan Arab Saudi telah mengungkap sel teroris yang menerima pelatihan oleh pasukan Garda Revolusi (IRGC) di Iran. 10 Orang ditangkap dan senjata serta bahan peledak diamankan.

Dilansir Al Arabiya, Selasa (29/9), juru bicara kepresidenan Keamanan Negara pada hari Senin mengungkapkan, tiga anggota sel teroris menerima pelatihan di Iran termasuk metode berbeda untuk membuat bahan peledak.

“Anggota sel menerima pelatihan militer dan lapangan, termasuk tentang cara membuat bahan peledak, di dalam kompleks Pasukan Garda Revolusi Syi’ah di Iran selama beberapa minggu pada akhir 2017,” katanya.

“Sementara sisanya terkait dengan sel dalam berbagai peran,” kantor berita negara SPA melaporkan mengutip pernyataan Keamanan Negara Saudi.

Pihak berwenang Saudi juga menyita sejumlah besar senjata dan bahan peledak yang disita di dua lokasi, sebuah rumah dan pertanian, termasuk komponen listrik yang digunakan dalam pembuatan bahan peledak seperti kapasitor, transformer dan resistor, bubuk mesiu, bahan kimia.

Senjata yang disita adalah senapan Kalashnikov, senapan sniper, peluru tajam, amunisi, senapan mesin, pisau tempur, pakaian militer, dan perangkat komunikasi nirkabel.

Pihak berwenang sedang menginterogasi 10 orang yang ditangkap untuk mengetahui lebih banyak informasi tentang aktivitas mereka dan orang lain yang terhubung dengan mereka di dalam dan luar negeri, dan mereka akan dirujuk ke penuntutan setelah penyelidikan selesai.

Muslim Sunni Arab Saudi dan Syi’ah Iran terlibat dalam beberapa perang proksi di wilayah tersebut, termasuk di Yaman. Riyadh menyalahkan rezin Syi’ah Iran atas serangan rudal dan drone yang belum pernah terjadi sebelumnya di fasilitas minyak kerajaan tahun lalu, tuduhan yang dibantah oleh Teheran. (AB).

Sumber : Al-Arabiya

 

Baca juga, SAUDI SERANG MARKAS PEMBERONTAK SYI’AH HOUTHI