1000 orang pemberontak Syi’ah Houthi tewas dalam operasi Pemerintah Yaman selama September 2020

Duniaekspress.com. (04/10/2020). –  Aden – Pasukan pemerintah Yaman menewaskan lebih dari 1.000 pemberontak Syi’ah Houthi dalam bentrokan di Yaman yang dilanda perang pada bulan September, kata militer Yaman pada hari Sabtu (3/10/2020).

Sebuah pernyataan militer yang dikutip situs web 26 September.net mengatakan sekitar 215 komandan pemberontak Syi’ah Houthi termasuk di antara mereka yang tewas bulan lalu.

Ibu kota yang dikelola Syi’ah Houthi, Sana’a, mengalami korban tewas pemberontak tertinggi dengan 285 pemberontak syi’ah  Houthi tewas, termasuk 119 komandan.

Tidak ada komentar dari kelompok pemberontak Syi’ah Houthi atas pernyataan tersebut.

Yaman tetap dilanda kekerasan sejak 2014, ketika kelompok pemberontak Syi’ah Houthi yang disponsori rezim Syi’ah Iran menguasai sebagian besar negara Yaman yang berpenduduk mayoritas Sunni tersebut, termasuk Sana’a.

Konflik meningkat pada tahun berikutnya ketika Arab Saudi dan sekutu Arabnya meluncurkan kampanye udara besar-besaran yang bertujuan untuk mengembalikan keuntungan Syi’ah Houthi dan mendukung pemerintah sah di negara itu yang didukung internasional. (RR).

Sumber : Voa-Islam

 

Baca juga, 1000 TAWANAN DIBEBASKAN ATAS KESEPAKATAN PEMERINTAH YAMAN DENGAN PEMBERONTAK SYI’AH HOUTHI