Serangan drone Pemberontak Syi’ah Houthi mengantam bandara Internasional Abha di Arab Saudi

Duniaekspress.com. (28/10/2020). – Aden -Pemberontak Syi’ah Houthi di Yaman pada hari Senin (26/10) mengumumkan bahwa mereka telah meluncurkan dua drone dalam suatu serangan udara ke Bandara Internasional Abha, di Arab Saudi.

Juru bicara Pemberontak Syi’ah Houthi, Yahya Saree mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa target strategis militer di bandara Abha berhasil dihancurkan dalam serangan tersebut.

Otoritas Pemerintah Yaman dan pasukan koalisi sampai sekarang belum memberikan komentar tentang insiden ini.

Pemberontak Syi’ah Houthi secara rutin meluncurkan serangan roket dan drone di wilayah selatan Arab Saudi sebagai pembalasan atas serangan koalisi pimpinan Saudi di Yaman.

Pasukan koalisi sebelumnya mengatakan mereka menembak jatuh enam drone pemberontak Syi’ah Houthi yang terbang menuju wilayah Saudi sejak 24 Oktober.

Negeri Yaman telah dilanda kekerasan dan kekacauan sejak 2014, ketika pemberontak Syi’ah Houthi menguasai sebagian besar wilayah negara, termasuk ibu kota Yaman, Sanaa.

Krisis memuncak setahun kemudian, ketika koalisi pimpinan Saudi meluncurkan kampanye serangan udara besar-besaran untuk mengalahkan kekuatan pemberontak Syi’ah Houthi tersebut.

Puluhan ribu warga Yaman, termasuk warga sipil, diyakini telah tewas dalam konflik tersebut, yang menyebabkan krisis kemanusiaan terburuk di dunia. (AB).

Sumber : AA

 

Baca juga, ARAB SAUDI TANGKAP 10 ANGGOTA SEL TERORIS YANG DIBINA SYI’AH IRAN