Tiga orang tewas dan beberapa lainya terluka dalam serangan roket di Kabul

Duniaekspress.com (22/11/2020). – Kabul – Beberapa ledakan bom dan serangan roket mengguncang ibu kota Afghanistan, Kabul pada Sabtu pagi, yang menewaskan sedikitnya tiga orang.

Menurut Kementerian Kesehatan Afghanistan, tiga orang tewas dan 11 lainnya terluka ketika beberapa roket dan bom magnet menghantam berbagai bagian terutama di pusat kota Shahr-e-Nau, Chehel Satoon, dan Ahmad Shah Maina saat jam sibuk.

Juru bicara Kementerian Dalam Negeri Tariq Arian mengatakan total 14 roket ditembakkan dalam serangan itu.

Seorang pejabat Kementerian Pertahanan termasuk di antara mereka yang tewas dalam serangan itu, kata Firdos Faramarz, juru bicara polisi kepada pihak media.

Dan serangan itu menyasar juga di sekat wilayah perkantoran diplomatik yang membuat sirine tanda bahaya dinyalakan oleh beberapa kedutaan asing. Serangan itu juga terjadi kurang dari dua hari sebelum dimulainya konferensi donor besar untuk Afghanistan di Jenewa, Swiss.

Juru Bicara Kementerian Dalam Negeri Afghanistan, Tariq Arian, mengatakan tiga warga sipil tewas dalam serangan itu dan 11 orang mengalami luka-luka. Namun seorang pejabat Kementerian Kesehatan Afghanistan mengatakan korban tewas mencapai lima orang dan 21 orang terluka. Para korban dibawa ke rumah sakit akibat insiden tersebut. Arian mengatakan serangan tersebut dilakukan oleh teroris. Para teroris memasang roket di truk kecil lalu meledakkannya. Beberapa warga merekam ketika roket mulai ditembakkan dan mengunggahnya di media sosial. Beberapa gambar yang beredar di Facebook menunjukkan beberapa mobil rusak dan terdapat lubang di sisi bangunan akibat serangan tersebut. Pejuang Taliban, yang berperang melawan Pemerintah Afghanistan yang didukung asing, membantah terlibat dalam serangan itu.

Sejak pembicaraan damai antara Pemerintah Afghanistan dan Taliban terhenti, serangan oleh Taliban dan kelompok ekstremis lainnya telah meningkat. Serangan itu terutama ditargetkan di wilayah ibu kota yang menampung lebih dari lima juta warga Afghanistan. Awal bulan ini, beberapa pria bersenjata menyerbu kampus Universitas Kabul dan menewaskan sedikitnya 35 orang. Warga jadi Korbannya Kebanyakan dari korban tewas adalah mahasiswa dan lebih dari 50 orang dilaporkan terluka akibat serangan itu.

Belum ada pihak yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan itu.

Sumber : AA

 

Baca juga, LEDAKAN RANJAU DARAT TEWASKAN 12 POLISI AFGHANISTAN