AQIM tunjuk pemimpin baru

Duniaekspress.com. (23/11/2020). – Mali – Kelompok pemantau terorisme SITE, mengatakan Al-Qaidah di Maghreb Islam (AQIM) telah memilih Abu Ubaida Yusuf al-Annabi sebagai pemimpin baru mereka menggantikan Abdulmalik Droukdel yang gugur oleh pasukan penjajah Prancis pada Juni lalu.

Dilansir dari laman France 24, Minggu (22/11), menurut Proyek Kontra Ekstremisme, Al-Annabi sudah masuk dalam daftar hitam “teroris internasional” Amerika Serikat sejak September 2015.

Syaikh Al-Anabi biasa muncul di video propaganda kelompok AQIM dan pada 2013, dimana dia menyerukan warga muslim untuk membalas Perancis karena ikut campur tangannya penjajah Prancis di Mali.

AQIM juga mengkonfirmasi kematian warga Swiss Beatrice Stoeckli, yang diculik di Timbuktu saat bekerja sebagai missionaris pada 2016.

Mereka menyebut kematiannya adalah kesalahan “tentara salib Prancis” yang ingin membebaskannya.

Mujahidin AQIM muncul dari kelompok Islam radikal di Al-jazair yang dimulai pada akhir 1990-an. Pada 2007 mereka menyatakan janji setia kepada jaringan Mujahidin Al-Qaidah yang kala itu dibawah komando Syaikh Usama Bin Ladin rahimahullah.

Kelompok mujahidin AQIM bertanggung jawab atas berbagai serangan terhadap pasukan dan warga sipil di seluruh wilayah Sahel, termasuk serangan pada 2016 terhadap sebuah hotel dan restoran kelas atas di Burkina Faso yang menewaskan 30 orang, terutama orang Barat.

Penjajah Prancis mengerahkan lebih dari 5.000 tentara untuk melawan kelompok anti-jihadis Barkhane di Sahel.

Sumber : France 24

 

Baca juga, AL-QAEDA ANCAM BUNUH EMMANUEL MACRON