2 Tentara Al-jazair tewas dalam bentrok dengan jihadis

Duniaekspress.com. (04/01/2021) – Tipaza – Dua tentara Aljazair tewas pada Sabtu (2/1/2021) dalam bentrokan dengan para jihadis,  kata kementerian pertahanan.

“Selama operasi pencarian … satu detasemen Angkatan Bersenjata Nasional Rakyat menembak mati empat orang anggota masyarakat yang diduga jihadis” di barat ibukota, kata pernyataan kementerian.

Ini mengidentifikasi tentara yang tewas di distrik Tipaza sebagai sersan dan kopral, dalam salah satu bentrokan paling mematikan dalam beberapa tahun terakhir.

Beberapa senjata api telah ditemukan, kata kementerian tersebut, menambahkan bahwa operasi masih berlangsung.

Antara 1992 hingga 2002, perang saudara yang mengadu tentara melawan beberapa kelompok Islam dan jihadis menyebabkan sekitar 200.000 orang tewas.

Piagam 2005 untuk Perdamaian dan Rekonsiliasi seharusnya membalik halaman konflik, tetapi kelompok jihadis terus melakukan operasi sporadis.

Bulan lalu, bentrokan di wilayah Jijel di timur Aljir menewaskan seorang sersan staf militer dan tiga tersangka jihadis. Tentara kemudian mengumumkan telah menangkap seorang “teroris berbahaya”.

Media resmi mengatakan pada saat itu bahwa tentara telah menggagalkan rencana penempatan kembali kelompok Al-Qaidah di Maghreb Islam (AQIM) setelah kematian pemimpin mereka.

Jihadis Aljazair, Abdelmalek Droukdel, telah dibunuh pada bulan Juni oleh pasukan Prancis di Mali utara.

Kelompok Intelijen SITE, yang memantau kelompok-kelompok jihadis, mengatakan pada November bahwa warga Aljazair lainnya, Abu Oubaida Youssef al-Annabi, telah ditunjuk untuk menggantikan Droukdel.

Selama tahun lalu, 21 jihadis gugur, sembilan ditangkap dan tujuh menyerah selama operasi militer Aljazair, kata militer dalam penghitungan yang diterbitkan pada hari Sabtu.

Sebuah pernyataan menambahkan bahwa tentara telah menangkap 108 orang yang dituduh memberikan dukungan kepada jihadis tahun lalu, serta menyita lusinan senjata api, sementara para ahli menetralkan hampir 400 bom dan ranjau. (RR).

Sumber : voa-Islam

 

Baca Juga, DIHANTAM BOM AL-QAEDA MALI, 2 TENTARA PRANCIS TEWAS