Teroris Syi’ah Houthi diduga berada dibalik serangan mematikan Bandara Aden Yaman

Duniaekspress.com. (16/01/2021). -Aden –  Kelompok teroris Syi’ah Houthi berada di balik serangan mematikan bulan yang lalu di bandara Aden, pemerintah Yaman mengumumkan pada hari Kamis (14/1/2021), Anadolu Agency melaporkan.

Sedikitnya 28 orang tewas dan lebih dari 100 lainnya luka-luka ketika ledakan mengguncang bandara pada 30 Desember tepat ketika pemerintah Yaman yang baru dibentuk tiba dari negara tetangga Arab Saudi.

“Serangan itu dilakukan dengan tiga rudal permukaan-ke-permukaan jarak menengah yang diluncurkan dari jarak lebih dari 100 kilometer,” Ibrahim Haydan, menteri dalam negeri Yaman, mengatakan kepada wartawan di Aden.

Dia mengatakan roket itu diarahkan oleh sistem navigasi yang dipandu GPS, menekankan bahwa “hanya milisi Houthi yang memiliki sistem ini di Yaman melalui para ahli Libanon dan Iran.”

“Itu dibuktikan dengan bukti yang meyakinkan bahwa tujuan serangan itu untuk membunuh semua staf pemerintah dan warga sipil yang ada di bandara,” kata Haydan.

Kelompok teroris Syi’ahHouthi belum menanggapi klaim menteri tersebut.

Sebelumnya mereka tidak mau mengakui bertanggung jawab atas serangan itu dan justru menyalahkannya pada Koalisi Arab yang dipimpin Saudi di Yaman.

Yaman telah dilanda kekerasan dan kekacauan sejak 2014, ketika teroris Syi’ah Houthi yang didukung Syi’ah Iran menguasai sebagian besar negara berpenduduk mayoritas Sunni tersebut, termasuk ibu kota Sanaa. (RR).

Sumber : AA

 

Baca juga, SYIAH HOUTHI TEMBAKI PEMUKIMAN, 5 ANAK JADI KORBAN